4 Penyakit Berbahaya Yang Sering Menyerang Wanita di Usia Muda

Penyakit di Usia Muda Penyakit di Usia Muda

Agar Anda tetap sehat, ada baiknya untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, perbedaan daya imunitas tubuh tentu sangat mempengaruhi seseorang untuk terkena penyakit tertentu. Seorang wanita kerap terserang berbagai penyakit.

Bahkan, beberapa penyakit yang di idap oleh para wanita tersebut dikategorikan sebagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Menurut catatan WHO, ada lebih dari 100.000 wanita yang meninggal akibat dari 4 penyakit berbahaya yang menyerang wanita di usia muda.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui apa saja penyakit yang mungkin diidap oleh para perempuann. Penyakit tersebut bahkan masuk dalam kategori berhahaya. Bahkan, Anda bisa saja meninggal dunia karena tidak mendapat penanganan yang sesuai dengan standar.

Ini Dia 4 Penyakit Berbahaya yang Sering Menyerang Wanita di Usia Muda

Memang, ada berbagai penyakit mematikan di dunia. Teratat, ada 5 penyakit berbahaya yang kerap menyerang wanita di usia muda. Bahkan, angka kematian akibat penyakit tersebut cukup tinggi. Untuk itu, ini dia 4 jenis penyakit berbahaya yang sering menyerang para wanita di usia muda. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang sering menyerang para wanita, termasuk wanita di usia muda. Kanker payudara ini hanya menyerang para wanita saja. Menurut catatan WHO, ada sekitar 1,67 juta kasus kanker payudara yang belum tertangani hingga sekarang.

Umumnya, ciri dari kanker payudara adalah munculnya benjolan di sekitar area payudara. Sel kanker akan menyerang lapisan susu, dan kemudian menyebar ke bagian payudara lainnya.

Rata-rata, wanita yang mengalami kanker payudara akan menjalani operasi pengangkatan payudara agar nyawanya bisa tertolong. Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala untuk meminimalisir resiko terkena penyakit kanker payudara.

2. Kanker Serviks

Selain kanker payudara, kanker serviks juga menjadi salah satu jenis penyakit mematikan yang menyerang para wanita. Sel kanker serviks ini menyerang area kemaluan. Apabila kanker serviks ini dibiarkan, maka Anda akan terkena tumor ganas. Ciri-ciri kanker serviks adalah adanya benjolan di area kemaluan.

Bagi para wanita muda, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan dini guna mengetahui apakah Anda mengidap kanker serviks atau tidak. Sebab, kanker serviks ini sulit terdeteksi dan kerap menyerang para wanita di usia muda.

3. Kanker Ovarium

Kanker ovarium juga menjadi salah satu penyakit mematikan yang hanya menyerang wanita. Kanker ini menyerang di area indung telur. Umumnya, kanker ovarium ini menyerang wanita diatas 50 tahun.

Namun, ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa wanita muda pun bisa terkena kanker ovarium. Hal ini disebabkan karena ada salah satu keluarga kandung yang memiliki riwayat terkena kanker ovarium.

Gejala dari kanker ovarium ini cukup beragam. Hanya saja, untuk penderita kanker ovarium stadium awal ini tidak terlihat. Untuk itu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin guna mengetahui apakah Anda mengidap penyakit kanker ovarium atau tidak.

4. Stres

Memang, wanita kerap mengalami stress akibat terlalu keras dalam berpikir. Menurut penulis buku Depression in Later Life, Deboral Selani, PsyD ini menuturkan bahwa wanita mudah stress dibandingkan pria.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon dalam tubuh, kondisi setelah melahirkan, hingga kondisi setelah atau sebelum menopause yang berperan untuk mempengaruhi stress maupun depresi.

Oleh karena itu, wanita lebih mudah depresi dan stress dibanding pria. Untuk menghindari rasa stres, maka ketahui bagaimana cara mudah agar pikiran tetap tenang. Salah satunya adalah dengan bercerita kepada orang terdekat atau berlibur bersama keluarga maupun pasangan.

Wanita memang kerap mengalami berbagai masalah kesehatan. Bahkan, ada 4 jenis penyakit berbahaya yang dapat dikategorikan sebagai penyakit mematikan. WHO mencatat, ada lebih dari 100.000 wanita yang dinyatakan meninggal akibat mengidap salah satu dari 4 jenis penyakit berbahaya tersebut.

Jika tidak segera diatasi, maka dapat dipastikan jika Anda bisa saja meninggal dunia karena mengidap salah satu penyakit berbahaya tersebut. Untuk itu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter guna mencari tahu apakah Anda mengidap penyakit berbahaya atau tidak.