Langkah-Langkah Tune Up Mobil Bensin Karburator Semua Merek

Tune Up Kendaraan Tune Up Kendaraan

Tune up mobil bensin karburator ini berguna untuk meningkatkan akselerasi mobil. Langkah tune up ini dapat dilakukan untuk semua merek mobil. Akan tetapi, hanya merek mobil mesin bensin saja yang dapat melakukan tune up tersebut. Untuk jenis mobil yang menggunakan mesin diesel tentu saja tidak bisa melakukan langkah tune up ini.

Apakah melakukan tune up mobil untuk jenis karburator bensin ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah? Apabila Anda memiliki keahlian dan pengalaman sebagai montir bengkel, maka Anda dapat melakukan proses tune up secara mandiri di rumah. Namun, apabila Anda tidak memiliki keahlian tersebut. Ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel terdekat guna mengurangi risiko kerusakan.

Langkah-Langkah Tune Up Mobil Bensin di Bengkel Terpercaya

Selain berguna untuk meningkatkan akselerasi mobil. Tune up ini juga berfungsi untuk mengetahui apakah mobil Anda dalam keadaan baik-baik saja atau terdapat kerusakan di beberapa komponen mobil.

Sehingga, dengan melakukan tune up mobil ini dapat mengetahui sumber masalah dan ditemukan pula solusi untuk mengatasi kerusakan pada komponen mobil tersebut. Untuk itu, ketahui langkah langkah tune up mobil bensin di bengkel terpercaya ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa Kadar Oli Mesin Mobil

Pertama, lakukan pengecekan terlebih dahulu oli mesin mobil. Cek kadar oli mesin mobil masih dalam takaran yang dianjurkan. Untuk proses pengecekan, silahkan tarik atau cabut stik oli. Sebelum itu, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati atau off.

Apabila kadar oli mesin mobil ini kurang, maka Anda wajib menambah oli mesin mobil. Apabila berlebih, maka montir bengkel akan mengetap oli hingga sesuai dengan kadar batas wajar oli mesin.

2. Memeriksa Kadar Air Radiator Pada Tangki Reservoir

Setelah memeriksa kadar oli. Biasanya, montir bengkel akan memeriksa kondisi air radiator pada tangki reservoir. Apabila kadar air radiator ini dirasa kurang. Maka, montir akan menambahkan air radiator.

3. Memeriksa Kondisi Aki Mobil

Aki mobil juga menjadi salah satu komponen yang dicek oleh montir. Sebab, aki merupakan “nyawa” mesin mobil. Apabila kondisi aki sudah tidak layak guna. Maka, pemilik mobil wajib mengganti aki mobil lama dengan aki mobil baru.

4. Memeriksa Fan Belt Atau Kipas Mobil

Apabila aki mobil dalam kondisi baik-baik saja. Maka, montir bengkel akan memeriksa komponen mobil lain. Salah satunya adalah fan belt atau kipas mobil. Fan belt ini berfungsi untuk meredam suhu mesin mobil agar tidak mengalami suhu panas berlebih atau overheating.

Apabila fan belt atau kipas mobil ini rusak ataupun pecah. Maka, pemilik mobil wajib mengganti dengan fan belt baru.

5. Memeriksa Filter Mobil

Filter mobil merupakan komponen yang selalu dipenuhi oleh debu dan kotoran. Sebab, fungsi filter ini adalah menyaring udara yang masuk ke mobil. Sehingga, montir selalu memeriksa filter dan kemudian membersihkannya.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Hanya perlu menyemprotkan air menggunakan selang atau semprotan khusus hingga debu dan kotoran tidak menempel pada filter mobil.

6. Memeriksa Koil dan Busi

Coil dan busi ini juga wajib diperiksa oleh montir bengkel. Sebab, tune up mobil bensin ini meliputi pemeriksaan pada coil dan busi. Montir akan mencoba fungsi koil dan busi. Apabila tidak berfungsi dengan baik. Maka, pemilik wajib mengganti koil, busi, atau kedua komponen tersebut.

7. Mengecek Platina Mobil

Setelah pengecekan coil dan busi selesai. Montir bengkel akan memeriksa bagian platina mobil. Montir akan membuka platina dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Sebab, banyaknya kotoran yang menempel pada platina ini menyebabkan munculnya suara-suara bising saat mobil digunakan.

8. Menyetel Karburator

Setelah mengecek seluruh komponen mesin mobil. Maka, proses penyetelan karburator menjadi langkah terakhir untuk tune up mobil. Montir akan menyetel karburator kembali normal dengan memutar idle mesin menjadi 750 RPM.

Jadi, itulah beberapa proses tune up mobil bensin segala merek. Proses tune up ini lebih baik dipercayakan pada bengkel terpercaya. Sebab, cukup sulit memang apabila Anda melakukan tune up sendiri di rumah.

Sebab, Anda tidak tahu solusi apa yang harus dipilih apabila mobil Anda bermasalah. Apabila Anda mempercayakan pemeriksaan mobil pada montir berpengalaman. Maka, semua masalah pada mobil dapat ditangani segera.