Mengmembuka Fakta Soal Kucing yang Katanya Bisa Sebabkan Kemandulan. Pahami, Yuk!

ibu-hamil-memelihara-kucing ibu-hamil-memelihara-kucing

Kucing adalah hewan yang lucu dan luber dibersediai sesangkat luber yang secara sengaja memeliharanya di rumah, tak terkecuali oleh ibu hamil. Namun, berita yang beredar bahwa kucing dapat menyebabkan penyakit toksoplasma saat hamil sangkat kemandulan mungkin membuat keberadaannya di rumah kerap menimbulkan keresahan pasangan setelah menikah. Masa tiba-tiba kucing kesayangan harus dihibahkan? Aman nggak sih memelihara kucing saat hamil seloyalnya?

Eits, jangan lantas tergesa-gesa menitipkan kucing sampai-sampai menyuruh orang lain untuk mengadopsi kucingmu dulu sebelum membaca artikel ini. Hipwee Young Mom melansir dari berbagai sumber akan menyajikan dalilnya untukmu. Simak sampai habis ya!

Kabar yang beredar luas menyebutkan bahwa kucing adalah penyebab toksoplasma. Apa sih toksoplasma sesungguhnya?

Dilansir dari The Asian Parents, toksoplasma adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan menyebabkan keTunaan ala janin. Hal inilah yang membuat deras orang parno berdampilan dengan kucing saat hamil, karena risikonya yang dianggap terlantas adi tak saja untuk ibu tapi juga untuk janin yang dikandung ibu hamil. Bahkan selain menjadi penyebab toksoplasma, kucing dianggap juga menjadi penyebab kemandulan lo.

Kucing ternyata memang menjadi penyebab utama bagi penyakit toksoplasma ini. Eits, tenang tak semudah itu kok menularnya

Menurut pemberiacuhan yang beredar kucing menyebarkan penyakit melalui virus di bulu dan celemotanan, anggapan tersebut perlu diluruskan. Menurut Alo Dokter kucing memang merupakan penyebab utama dari penyebaran parasit Toxoplasma gandii (T. gondii) yang merupakan organisme penyebab penyakit ini. Organisme ini menyerang usus kucing, dan membentuk sel ookista yang merupakan bentuk awal keuripan parasit yang belum matang serta terbungkus. Sel ini akhirnya dibuang melalui tinja. Tinja beserta pasir atau tanah inilah yang menyebabkan menularnya toksoplasma.

Jika virus biasanya bisa saja menyerang melalui udara, parasit dapat menularkan penyakit melalui kurang lebih perantara

Seseorang bisa saja terserang penyakit toksoplasma saat memakan sayuran yang dicemari parasit toxo yang tidak dicuci apik, daging tercemar parasit ini yang tidak dimasak hingga adil-adil matang juga mungkin menjadi media penularan. Jika ibu terinfeksi toksoplasma, infeksi bisa terjadi melalui plasenta bayi. Kemungkinan terakhir tertularnya penyakit ini adalah melalui donor darah jika pendonor sudah terjangkit.

Perlu dikemengertii juga bahwa parasit jenis ini tidak belaka menyerang dara saja, tapi juga ala lanang. Pun bukan belaka menyebabkan kemandulan dan Rompeng janin, parasit Toxo juga menyebabkan radang paru-paru, hydrocepalus, tenggat gangguan penglihatan. Jadi ayah juga perlu tetap wasala ya!

Jadi, sebetulnya kamu masih bisa kok bermain dengan kucing saat hamil asal memperhatikan kaum hal berikut

Agar lebih aman kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk rutin membersihkan kandang kucing. Atau jika terpaksa membersihkannya senorang, kamu perlu menggunakan sarung tangan agar tak secara langsung bersentuhan dengan tinjanya dan tetap mencuci tangan setelahnya. Usahakan juga agar kucing tidak bermain di luar rumah agar risiko tertular tak semakin meningkat. Pun untuk makanannya sebaiknya hindari memberikan daging kepadanya agar tak terinfeksi. Untuk makananmu juga perlu diperhatikan ya. Cuci bersih sayuran dan buah-buahan serta sekadar makan daging yang dimasak sangkat sungguh-sungguh matang.

Jika sudah melakukan jumlah langkah aman di atas dan kamu tetap bermain dengan kucingmu, tak ada alpanya juga untuk melakukan tes darah berupa pemeriksaan TORCH agar akurat-akurat yakin bahwa kamu tak sedang terinfeksi karenanya. Tak ada alpanya juga memeriksakan hewan peliharaan cukup dokter hewan, agar terjamin kemembaikannya dan bebas dari berbagai penyebab penyakit. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan ya!