Inilah Jenis-Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Oleh Lansia

Ilustrasi lansia sendang berolahraga Ilustrasi lansia sendang berolahraga

Berolahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit, seperti obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan melakukan olahraga juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari berolahraga, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur minimal 150 menit per minggu atau 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.

Anda dapat memilih berbagai macam jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik anda, seperti berjalan, lari, berenang, atau olahraga kekuatan. Jika anda baru memulai olahraga, sebaiknya mulailah dengan intensitas yang lebih rendah dan perlahan-lahan meningkatkan intensitasnya secara bertahap. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sudah menjadi seorang lansia.

Olahraga Yang Ideal Untuk Lansia

Orang yang sudah tua sebaiknya melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik, tingkat kebugaran, dan kebutuhan masing-masing individu. Beberapa jenis olahraga yang umumnya disarankan untuk lansia antara lain:

  • Lakukan Kegiatan Berjalan, Berjalan merupakan jenis olahraga yang sederhana tapi efektif untuk menjaga kesehatan lansia. Berjalan dapat membantu meningkatkan daya tahan, mengurangi risiko sakit jantung, dan meningkatkan kesehatan tulang.
  • Ikuti Senam Kesehatan Jantung, Senam kesehatan jantung adalah jenis olahraga yang dirancang untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem kardiovaskular.  Gerakan dari senam kesehatan jantung biasanya terdiri dari serangkaian gerakan yang mengkonsentrasikan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan perut. Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Melakukan Latihan Yoga Ringan, Yoga merupakan jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan tubuh. Yoga juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Jika anda baru memulai yoga, disarankan untuk memulai dengan latihan yoga ringan yang sesuai dengan kemampuan fisik anda.

Imbangi Dengan Pola Makanan Sehat

Untuk menjaga kesehatan, orang yang sudah lanjut usia (Lansia) sebaiknya mulai untuk mengikuti pola makan yang sehat dan teratur. Berikut adalah beberapa tips untuk menjalani pola makan sehat:

  • Pilih makanan yang bergizi tinggi, Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, bahan baku nabati, dan produk olahan susu rendah lemak.
  • Kurangi asupan garam dan gula, Garam dan gula tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes. Sebaiknya hindari makanan yang tinggi garam dan gula, seperti makanan olahan, makanan instan, dan minuman bersoda.
  • Pilih makanan yang rendah lemak, Lemak tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas. Pilih makanan yang rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, dan produk olahan susu rendah lemak.
  • Jaga asupan protein, Protein merupakan nutrisi yang penting untuk mempertahankan massa otot dan membantu penyembuhan luka. Pilih makanan yang kaya akan protein seperti daging, ikan, telur, dan produk olahan susu.
  • Konsumsi makanan dengan porsi yang sesuai, Jaga asupan kalori anda dengan memperhatikan porsi makanan yang anda konsumsi. Jika anda memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk membantu menentukan porsi makanan yang sesuai.

Jaga kebersihan makanan

Pastikan bahwa makanan yang anda konsumsi diolah dan disimpan dengan baik untuk menghindari risiko terjadinya infeksi saluran cerna. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan anda, terutama jika anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang dalam perawatan dokter.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Di Usia Senja

Menjaga kesehatan di usia senja sangat penting karena usia yang lebih tua seringkali terkait dengan peningkatan risiko terjadinya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memelihara pola hidup sehat agar dapat menjalani hari-hari dengan sejahtera di usia senja. 

Menikmati hari bersama keluarga dengan menjalani rutinitas yang lebih banyak di alam akan membantu anda lebih bugar. Disamping itu jangan lupa untuk berwisata bersama keluarga agar energi positif dapat terbentuk kembali ditengah-tengah keluarga.