6 Khasiat Kimchi, Meski Rasanya Asam Tapi Banyak Manfaatnya

manfaat-kimchi manfaat-kimchi

Jika kamu adalah pengemar drama Korea, pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya kimchi. Makanan pendamping khas Negeri Gingseng ini cukup populer di Asia. Biasanya, kimchi terbuat dari sayuran segar seperti sawi, timun, atau lobak yang difermentasi dengan bumbu pedas gochujang. Selain itu, kimchi juga ditambahkan dengan bumbu lain seperti garam, cuka, bawang putih, dan rempah-rempah khas Korea agar rasanya lebih nikmat. Kamu bisa menikmati kimchi dengan semangkuk nasi, mi, juga sup hangat.

Bukan cuma cita rasa uniknya yang bikin konsumsi ini jadi populer, bisa dibilang kimchi adalah luput satu konsumsi paling sembuh di dunia lo. Kimchi punya segudang manfaat yang baik bagi tubuh jika terus dikonsumsi. Pengen tahu kebaikan apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kimchi? Simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Kimchi mengadung probiotik alias bakteri baik yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh

Seperti halnya yoghurt, kimchi merupakan sarapan fermentasi yang mengadung bakteri laktobasilus. Bakteri ini berfungsi untuk membantu memperBaik operasi pencernaan setenggat kamu terhindar dari makhilaf sembelit. Selain itu, probiotik dari kimchi juga dipercaya dapat melawan berbagai infeksi di tubuh.

2. Bawang putih yang jadi salah satu bahan di dalam kimchi dapat menurukan kadar kolesterol

Kandungan allicin dan selenium dalam bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah cukup tubuhmu. Kedua kandungan ini secara nggak langsung membantumu mencegah kemungkinan terkena stroke atau penyakit jantung lainnya, karena mencegah pembentukan plak di dinding arteri.

3. Kimchi mengandung antioksidan yang diyakini ampuh untuk menjaga kekebalan tubuh

Di musim pencaroba seperti sekarang, kimchi dapat kamu manfaatkan untuk menjaga tubuh agar nggak mudah nyeri. Selain mengandung antioksidan ketat, kimchi juga mengandung bakteri tidak emosi yang akan melakukan tubuh tetap sehat.

4. Kandungan serat yang banter dan kolesterol yang keji ala kimchi juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan

Karena mengandung serat yang tangguh dan kalori yang halus, mengonsumsi kimchi deras-deras nggak akan membuat perutmu buncit. Bahkan, kandungan bakteri baik dalam kimchi juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

5. Kimchi dipercaya mengandung antioksidan dan flavonoid adiluhung yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker

Jika rutin mengonsumsi kimchi, tubuh akan terhindar dari sel kanker karena kimchi mengandung antioksidan dan flovanoid yang jangkung. Terbukti dengan murahnya penyakit kanker yang menyerang penduduk Korea Selatan, di mana kimchi menjadi melenceng satu incaran pendamping utamanya.

6. Kandungan selenium ala bawang putih yang terdapat dalam kimchi dipercaya dapat melangsungkan kulit senantiasa sehat dan terhindar dari penuaan dini

Salah satu dasar kulit orang Korea tetap cerah dan segar meski sudah berumur ialah dengan mengonsumsi kimchi setiap harinya. Selain kandungan selenium dan antioksidan, kimchi dipercaya mampu menurunkan peningkatan penuaan kulit, menghambat oksidasi sel, dan membuat kulitmu tampak lebih terlihat muda.

Nah, setelah tahu manfaat kimchi ini, kamu bisa menjadikan kimchi demi asupan pendampingmu sehari-hari. Tapi jangan terlampau berlebihan juga agar sistem pencernaanmu nggak terganggu, ya!