Waspada, Risiko Serangan Jantung Saat Bersepeda Bagi Pemula

Bersepeda memiliki banyak manfaat tentunya bagi kebugaran tubuh, apalagi saat ini memang bersepeda sedang mengalami tren yang meningkat di masyarakat. Akan tetapi, untuk para pemula ada baiknya untuk lebih berhati-hati karena bersepeda berlebihan punya risiko terkena serangan jantung.

bersepedaBersepeda sendiri punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan jiwa seseorang. Hanya saja, melakukannya secara berlebihan justru bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa waktu terakhir ni, bersepeda menjadi olahraga yang populer di masyarakat. Dimana kebugaran tetap harus menjadi prioritas untuk dijaga.

Melihat akan hal iin, pendiri, Mainsepeda.com, Azrul Ananda memberikan peringatan dimana ada beberapa kejadian serangan jantung yang menerpa seseorang saat bersepeda.

“Saat pandemi covid-19 ini orang semakin banyak berolahraga, termasuk bersepeda. Yang berbahaya adalah pemula yang tidak tahu cara yang benar, lalu timbul hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Azrul.

Bulan lalu, seorang laki-laki berusia 48 tahun dengan inisial H meninggal saat sedang beristirahat dari berepeda di Monas.

Kepala Kepolisian Sektor Gambir, Ajun Komisaris Besar Kade Budiyarta menyebutkan kalau dokter telah memberikan konfirmasi bahwa H meninggal karena serangan jantung.

“Risikonya bisa serangan jantung dan stroke. Sudah banyak kasus seperti itu,” tutur Azrul.

Mulai gemar berolahraga harus berimbang dengan pengetahuan tentang olahraga tersebut secara baik dan juga benar. Olahraga harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai karena memaksakan diri dan terlalu berat bisa memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.