Tips Melatih Anak untuk Miliki Sifat Bertanggung Jawab

Saat ini banyak orang tua memiliki banyak waktu untuk bisa bertemu dengan anaknya. Pasalnya saat ini tengah diberlakukan work from home dan juga learn from home. Namun, dengan waktu yang banyak ini, bisa jadi akan membuat orang tua kebingungan untuk memberikan kegiatan apa kepada sang anak agar dia tidak merasa bosan untuk berada di rumah.

Salah satu hal yang bisa jadi inspirasi ibu adalah mengajarkan anak mengenai sifat tanggung jawab. Menurut Jane Cindy Linardi yang merupakan seorang psikolog dari RS Pondok Indah yang ada di kawasan Bintaro Jaya menjelaskan beberapa manfaat yang dapat dirasakan anak jika sudah bisa bertanggung jawab dengan apa yang mereka kerjakan.

“Melatih daya juang anak, karena anak tidak terbiasa dibantu orang tua, sehingga ia memiliki motivasi internal untuk berusaha menyelesaikan segala sesuatu sendiri,” kata Jane dalam keterangan sebagaimana dilansir¬†Antara, Sabtu (4/4/2020).

Tidak hanya itu saja, anak juga akan memiliki kemampuan mengatasi masalah yang selalu terasah. Sebut saja misalnya minuman yang dia minum tumpah. Dia akan secara otomatis membersihkan dan menyelesaikannya dengan lap sendiri.

Jika anak anda bisa bertanggung jawab, dirinya pun pasti akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pasalnya dia percaya dan yakin pada apa yang dia punya atau kemampuannya.

Jane sendiri menyebutkan bahwa anak sudah bisa diberikan keleluasaan dalam memutuskan segala sesuatu sedari kecil. Awalnya bisa jadi hanya memilih mainannya sendrii, pakaian, sampai dengan hal makanan apa yang ingin dia makan. Akan tetapi, bukan berarti kegiatan ini dilepas kepada anak sendirian untuk melakukannya. Orang tua tetap harus menjadi pendamping yang baik.

“Misalnya, saat hendak melatih anak mengambil keputusan sendiri terhadap pakaian yang akan ia pakai, maka Anda dapat membantu menjabarkan bahwa tempat yang akan dikunjungi memiliki suhu atau temperatur yang dingin,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.