Pentingnya Jaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing

Saat-saat seperti sekarang ini dimana kita disuruh untuk melakukan social distancing atau jaga jarak dan berdiam di rumah saja tak bisa dipungkiri dapat membuat banyak generasi milenial rentan terkena depresi, kesepian dan juga stress. Oleh sebab itu, Staff khusus Milenial Presiden yakni Belva Syah Devara pun meminta kepada seluruh milenial untuk tetap melakukan sosialisasi dengan banyak orang meski hanya dengan menggunakan alat teknologi.

“Memanfaatkan teknologi seperti menggunakan konferensi telepon menghubungi teman-temannya untuk memeriksa apakah ada yang merasa kesepian dan lain sebagainya,” ujar pendiri aplikasi Ruang Guru itu dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Salah satu hal yang disarankan juga adalah dengan melakukan main game bersama. Hal ini semata-mata untuk melaksanakan fungsi manusia sebagai makhluk sosial. Selain itu juga melakukan video conference bersama dengan layanan obrolan lainnya. Hal ini tentunya dilakukan karena memang virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang berbahaya, selain menyerang fisik manusia dengan penyakit juga bisa memperlambat ekonomi negara namun juga terus diperhatikan mengenai dampak kesehatan mental manusia olehnya.

“Karena ada economy impact, ada health impact. Tapi mental health ini juga penting. Jadi jangan menyebarkan hoaks, fungsi edukasi harus jalan dan yang ketiga coba cek teman-teman pastikan mereka oke,” tegas dia. 

Selain itu, para generasi muda juga diminta untuk tetap menahan diri dan menjaga jarak serta tidak keluar rumah jika memang tidak terlalu mendesak. Hal ini memang berkaitan dengan fakta saat ini bahwa generasi muda lah yang paling banyak terinfeksi virus Corona, meski memang tidak terlalu memiliki gejala yang berat.

“Meski tidak memiliki gejala mereka masih, tetap bisa menginfeksi ke orang-orang rentan. Seperti kelompok lanjut usia atau mereka yang memiliki penyakit penyerta,” imbuhnya.

Selain itu juga Belva berharap agar generasi muda bisa menyaring informasi yang mereka terima dan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar. Selain itu juga berupaya untuk memberikan arahan seperti apa yang diberikan oleh pemerintah. Fokusnya pasti adalah menolong sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.