Inilah 3 Jenis Kursi Roda dan Fungsinya

Kursi roda adalah alat yang membantu para penyandang disabilitas untuk bergerak dengan mudah. Namun, perlu diketahui bahwa ada setidaknya 3 macam jenis kursi roda yang fungsinya juga berbeda. Bahkan anda juga harus tahu bahwa pembuatan kursi roda sendiri harusnya disesuaikan dengan badan si pemakainya. Berikut jenis kursi roda dan juga fungsinya :

Kursi Roda Kesehatan atau Rehabilitasi

Kursi roda jenis ini biasanya menggunakan teknologi khusus. Kursi roda in pun banyak digunakan di rumah sakit untuk banyak keperluan medis. Dimana khusus untuk kursi roda jenis ini memiliki pembagian turunan sesuai dengan fungsinya. Dimana hal ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan ang mungkin muncul pada postur tubuh atau correction devormity.

Kursi Roda Olahraga

Kursi roda olahraga sendiri umumnya hanya digunakan oleh para atlet paralympic. Setidaknya ada sejumlah cabang olahraga yang bisa menggunakan kursi roda. Sebut saja misalnya basket, paraatletik, panahan, tenis, dan cycling. Kursi roda jenis ini biasanya memiliki bahan yang ringan, keseimbangan khusus dan juga fleksibel saat digunakan.

Kursi Roda untuk Mobilitas

Penyandang disabilitas biasanya menggunakan kursi roda jenis untuk untuk berkegiatan sehari-hari. Kursi roda ini digunakan untuk bisa bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ada pula yang menggunakan mesin namun ada pula yang secara manual dikayuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.