Ini Bahan Pengilang Bau Amis Ikan Selain Jeruk Nipis

Ikan pastinya akan selalu berbau amis. Bau amis sendiri sangat mengganggu dan sangat tidak disukai banyak orang. Namun, bau amis sebenarnya bisa dihilangkan dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Akan tetapi, jika anda tidak memiliki jeruk nipis bagaimana? Tenang, berikut adalah bahan yang bisa hilangkan bau amis ikan selain jeruk nipis :

1. Jahe

Bau amis ikan bisa dihilangkan dengan jahe apabila tidak ada jeruk nipis. Haluskan atau parut jahe dan kemudian balurkan pada ikan terakhir cuci hingga bersih.

2. Garam

Air garam ternyata juga efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya rendam ikan pada air garam setidaknya 5 menit dan cuci hingga bersih dengan air mengalir.

3. Cuka

Paduan cuka dengan air secukupnya adalah bahan lain untuk mengilangkan  bau amis ikan. Rendam ikan dalam larutan cuka kurang lebih lima menit. Kemudian angkat dan cuci bersih dengan air mengalir.

4. Asam Jawa

Selain jeruk, asam jawa juga dapat dijadikan bahan pengilang bau amis pada ikan. Balurkan hingga merata ke seluruh bagian daging ikan. Diamkan 20 menit dan kemudian bilas dengan air mengalir.

5. Mentimun

Menetralkan bau amis ikan juga bisa dengan menggunakan mentimun. Parut dan balurkan secara merata pada daging ikan diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.