Indonesia Bisa Belajar dari Vietnam untuk Lawan Virus Corona

Indonesia saat ini tengah menghadapi masalah menyebarnya virus Corona, dan dalam pencegahannya, memang Indonesia banyak belajar dari negara Vietnam. Hal ini diungkapkan oleh Achmad Yurianto yang merupakan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19.

Achmad Yurianto menyebutkan bahwa peran rakyat adalah salah satu yang sangat vital dalam pencegahan terjadinya penularan COVID-19. Dimana peran masyarakat adala melakukan social distancig dan physical distancing.

“Banyak pembelajaran dari negara lain yang berhasil menangani hal ini. Satu contohnya adalah di Vietnam yang mengedepankan physical distancing. Menjaga diri, menjaga jarak dan kemudian self isolation,” beber Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/3).

Yurianto juga menyebutkan bahwa rakyat memiliki kekuatan terbesar untuk bisa mencegah corona. Rakyat hanya perlu sadar secara bersama-sama bahwa lebih baik mencegah ketimbang harus mengobati penyakit ini.

“Ini menjadi kekuatan besar yang dilaksanakan masyarakat. Dia bisa menghentikan penularan ini. Tidak kemudian harus berpikir untuk ditunggu sampai sakit, tetapi dicegah jangan sampai sakit,” ujarnya.

Pemerintah ujarnya saat ini tidak berdiam diri jika memang rakyat telah sadar untuk mencegah penularan Corona. Pemerintah tetap bekerja dalam menyembuhkan pasien yang telah positif terkena Corona.

“Oleh karena itu seperti gugus tugas sampaikan juga, yang sehat dijaga harus sehat, yang agak sakit harus segera dilakukan pengawasan, pengawasan agar jadi sehat. Kemudian yang sakit kami berikan layanan rawatan sebaiknya agar menjadi sehat. Ini menjadi kunci,” ungkapnya.

Dalam hal ini, marilah kita galakkan kembali persatuan kita, bersama-sama untuk saling menjaga, minimal diri sendiri dan juga pastinya orang lain. Ayo teman-teman, bersama kita pasti bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.