Hantavirus Mengerikan atau Tidak? Berikut Informasinya

China sepertinya akan kembali berurusan dengan virus. Jika sebelumnya mereka berjuang menghadapi virus bernama Corona atau COVID-19, kini mereka pun mengadapi virus baru yang bernama hantavirus.

Hadirnya hantavirus ditemukan pada sebuah kasus meninggal yang terjadi pada seorang warga China, senin (22/4). menyatir beritar USA Today, Selasa (24/3) warga China tersebut dinyatakan positif terinfeksi hantavirus.  Viralnya berita in setelah Twitter Global Times mencuitkan adanya orang meninggal yang disebabkan oleh hantavirus di provinsi Yunan.

“Dia positif menderita hantavirus. Sebanyak 32 orang lainnya di bus sudah dites,” demikian cuit Global Times.

Akan tetapi, hantavirus diyakini tidak akan menjad pandemi layaknya virus Corona seperti sekarang ini. Hal ini dijelaskan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (Centers for Disease Control and Prevention/CDC). Dimana hantavirus ini adalah virus yang ditularkan oleh tikus. Virus ini pun sangat langka dan penderitanya bisa terkena urine, kotoran, dan juga karena air liur tikus.

Kemudian CDC mengutarakan bahwa sejumlah tikus yang ada di AS pun bisa menyebarkan hantavirus. Dimana seseorang bisa terjangkit virus ini karena menghirup udara yang sudah terkontaminasi.

“Hantavirus yang menyebabkan manusia sakit di AS tidak bisa ditularkan antarorang,” demikian bunyi pernyataan CDC. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.