Didiet Merasa Terpanggil untuk Populerkan Tenun ke Mata Dunia

Dunia Mode Indonesia patuh merasa bangga karena punya sosok perancang busana bernama Didiet Maulana. Dengan tangan dinginnya, pria yang lebih akrab dipanggil Didiet tersebut sukses membawa wastra Nusantara hingga ke Mancanegara.

Dengan label mode “Ikat by Didiet Maulana”, dirinya pun sukses merancang goodie bag dengan motif tenun yang dibagikan untuk para selebritas dunia dalam acara Grammy Award 2016.

Ia yang awalnya memang sudah memiliki hobi menggambar ini selalu menuangkan kreatifitasnya lewat lukisan-lukisan. Dimana kala itu, gambar gaun wanita adalah salah satu jenis gambar yang menjadi kegemarannya.

Selain itu, dirinya juga menyukai segala hal yang berbau teknik yan membuatnya memutuskan untuk mengenyam ilmu di bidang arsitektur. Akan tetapi, panggilan hati membuatnya tergerak untuk mengasah kembali keahliannya yang memang telah lama tidak dilakukannya yakni desain busana.

Dirinya pun mulai medirikan label mode Ikat Indonesia by Didiet Maulana. Nama Ikat sendiri dipilihnya karena punya makna Meng’Ikat’ dirinya untuk terus memakai bahan-bahan tradisional Indonesia untuk jadi acuan desainnya.

“Untuk koleksi awal saya memakai Tenun Ikat karena motif geometrikal dan strukturnya yang kuat, mengingatkan saya dengan bangunan arsitektur. Keindahan dalam sebuah struktur,” ujarnya dalam wawancaranya bersama Weddingku.

Pria kelahiran, Jakarta 18 Januari 1981 ini menyebutkan kalau pada tahun 2010 yang lalu belum ada desainer muda yang mengolah tenun ikat untuk dibuat busana siap pakai.

Setelah melakukan riset di berbagai tempat seperti Bali dan Jepara untuk mencari pengrajin yang bisa mengerjakan tenun seperti yang dinginkannya, maka dirinya pun mulai mendirikan Ikat Indonesia pada 2011.

Setahun berselang, tepat 21 April 2012 tepat pada hari Kartini, Didiet pun merilis lini barunya, Svarna. Apabila Ikat Indonesia membuta busana ready to wear, Svarna lebih khusus untuk premium line seperti gaun dan juga kebaya.

Rancangannya pun dipakai oleh sejumlah tokoh dan selebritas papan atas. Sebut saja pernikahan anak Sri Mulyani dan pernikahan Khairani Kalla yang tak lain adalah putri bungsu dari Jusuf Kalla.

Selain itu dari kalangan selebritas juga menggunakan busana Didiet pada hari bahagianya sepert Andien dan Isyana Sarasvati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.