Beda Pengertian Lockdown dan Karantina Wilayah

Status Lockdown dan juga karantina wilayah saat ini menjadi polemik di tengah ancaman pandemi Corona. Padahal dua kata ini sendiri memiliki pengertian yang berbeda.

Menko Polhukam, Mahfud MD pun coba menyebutkan karantina kewilayahan yang dimaksud berbeda dengan lockdown.

“Meski begitu ada yang menyamakan. Padahal antara keduanya tidak sama” ujar Mahfud MD di Jakarta, Sabtu (28/3).

Mahfud sendiri berpendapat, Karantina wilayah adalah istilah tersendiir yang ada dalam Undang-undanga (UU) Nomor 6/2018. Yaitu pembatasan pergerakan orang untuk kepentingan kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

Istilah karantina wilayah sendiri lebih kepada pengertian dari istilah physical distancing atau sosial distancing atau jaga jarak yang sekarnag dipilih sebagai suatu kebijakan pemerintah.

Karena ada beberapa daerah yang telah membuat kebijakan pembatasan gerakan orang dan barang yang sering disamakan begitu saja dengan lockdown, padahal berbeda sekali,” terang Mahfud.

Itulah yang menjadi penyebab, pemerintah mempertimbangkan untuk membuat sebuah PP agar Pemerintah Daerah tidak membuat peraturan sendiri-sendiri. Menurut UU Nomor 6/2018, karantina kewilayahan telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yang aturannya adalah dengan PP.

“Kebetulan RPP-nya sudah ada di Kemenko PMK dan kita tinggal mendiskusikannya lagi. Tapi, saya pastikan tidak ada lockdown melainkan karantina kewilayahan,” pungkas Mahfud. 

Sementara dalam arti penaggulangan penyebaran virus yang dimaksudkan dengan lockdown adalah sama sekali tidak boleh keluar dari tempat tinggal atau rumah. Ruang gerak pun dibatasi bahkan jika melihat di negera Italia, warga harus memiliki izin khusus jika memang ingin bepergian. Pada umumnya supermarket dan juga apotik dan rumah sakit memang masih beroperasi. Namun tidak semua orang bebas masuk tanpa adanya izin tersebut.

Tentunya lockdown dan karantina wilayah itu berbeda dengan lockdown dalam menanggulangi penyebaran wabah virus Corona ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.