Ayu Kartika Dewi, Sosok Milenial Pejuang Pendidikan

Ayu Kartika Dewi adalah sosok muda, berprestasi dan aktif untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Inilah kira-kira kalimat yang bisa menggambarkan sosok wanita yang satu ini.

Ayu Kartika Dewi adalah wanita yang lahir di kota Banjarmasin, pada 27 Maret 1983. Pendidikannya ditempuh di universitas Airlangga, jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Pada saat kuliah, Ayu sukses menyabet banyak prestasi diantaranya adalah presenter terbaik Student Grant seluruh Indonesia. Mahasiswa Berprestasi Peringkat Pertama FEUnaik selama 2 tahun berturut-turut, dan juga sebagai peringkat ke-4 se Unair pada tahun 2003.

Kemudian juga skripsinya terpilih sebagai student grant dari Asian Development Bank. Lulus dari kuliah, Ayu memilih untuk bekerja di P&G yang ada di Singapura sebagai Consumer Insights Manager dari 2007 sampai 2010.

Pada saat kariernya yang begitu cemerlang, Ayu justru memilih untuk keluar dan bergabung bersama Gerakan Indonesia Mengajar yang dibuat dan diprakarsai oleh Menteri Pendidikan kala itu yakni Anies Baswedan.

Pada saat itu, Ayu adalah Angkatan pertama program Indonesia Mengajar dan mendapatkan tugas untuk mengajar di sebuah SD di Maluku Utara. Dari situ dirinya pun semakin tergugah untuk terus menjadi pengajar dan memajukan dunia pendidikan yang ada di Indonesia.

Di tahun 2013, Ayu memprakarsai sendiri program SabangMerauke yang menjadi ajang pertukaran antara pelajar antar daerah yang ada di Indonesia. Dimana program ini adalah program untuk menanamkan nilai toleransi, pendidikan dan ke-Indonesiaan.

Tidak itu saja, Ayu juga aktif dalam berbagai organisasi pendidikan, perdamaian dan pembangunan karakter.

Dengan sejumlah prestasi yang dicapainya di dunia pendidikan anak-anak di Indonesia. Ayu akhirnya mendapatkan beasiswa Keller Scholarship dan Fulbright Scholarship untuk bisa berkuliah di Duke University-Fuqua School of Business, Amerika Serikat. Ayu pun suskes lulus dengan gelar MBA pada 2014.

Berbekal gelar MBA tersebut, Ayu pun akhirnya bekerja sebagai Staf Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di tahun 2015. Sekarang, Ayu pun menjadi Staf khusus Presiden RI Joko Widodo dalam bidang Sosial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.