Andre Surya Justru Balik ke Indonesia, Meski Karier di Hollywood Cerah

Tahukah anda bahwa salah salah satu animator sukses yang sudah berhasil tergabung dalam penciptaan animasi dan visual effect sejumlah film box office Hollywood seprti Iron Man, Transformer, dan juta star trek adalah orang Indonesia? Adalah Andre Surya, Pria yang berasal dari Jakarta ini adalah orang yang dimaksud.

Andre SuryaSebelum pergi ke Hollywood, kariernya bermula sebagai animator dalam Lucas Film, Singapura dalam kurun waktu setidaknya 4 tahun. Kemudian dirinya ke Hollywood, maka kemudian dirinya sukses menjadi animator dalam film Iron Man 1, Iron Man 2, Star Trek dan juga kemudian Transformer.

“Waktu awal di Lucas Film, saya ngerjain game, waktu itu game Star Wars. Saya ngurusin game 1 tahun, setelah itu baru mulai merahbah ke film selama 3 setengah tahun,” kata Andre kepada GenPI.co, Rabu (8/7).

Meski telah sukses sebagai animator di Hollywood, Andre justru memilih untuk kembali ke Indonesia pada tahun 2012 yang lalu. Ternyata kepulangan Andre ke Tanah Air, punya visi yang mulai. Dimana dirinya ingin mengembangkan bakat animator yang ada di Indonesia.

“Pertama adalah karena saya melihat orang Indonesia itu sebenarnya banyak yang hebat, itu yang bikin saya berani pulang ke Indonesia. Saya memang mau berbagi ilmu dan mengembangkan industri animasi di Indonesia,” ungkapnya.

Hasilnya adalah di tahun 2013 atau satu tahun pasca kepulangannya ke Indonesia, dirinya pun mendirikan Enspire Studio dan juga sekolah animasi yang diberi nama Enspire School of Digital Art (ESDA). Dimana sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat animator Tanah Air.

“Saya itu dulu waktu kecil memang punya cita-cita menjadi dokter dan guru. Dua profesi itu yang saya anggap mulia, apalagi guru yang berguna buat banyak orang. Jadi saya memang sudah punya cita-cita mau bikin sekolah,” ujarnya.

Andre pun berharap dengan pengalaman yang dimilikinya, dirinya bisa berbagi ilmu kepada para generasi muda Indonesia. Hingga saat ini pun ESDA telah berkembang pesat dan sudah memiliki setidkanya 49 cabang di seluruh kota di wilayah Indonesia.

“Kalau buka sekolah kan bisa jauh lebih besar dampaknya, harapannya itu sih,” kata Andre.

Ternyata, Andre tidak hanya berbakat, namun juga punya tujuan yang sangat mulia untuk Indonesia, salut buat bang Andre Surya. Sukses selalu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.